KUE ALI/KUE CINCIN


KUE ALI/KUE CINCIN

Bahan: 
-300 g tepung beras kemasan
-170 g gula aren diiris supaya cepat larut 
-3 sdm gula pasir  
-1/3 sdt garam 
-150 ml air (saya: 180)
-2 lembar daun pandan 
-Secukupnya minyak untuk menggoreng 

Cara:
1. Siapkan tepung dlm wadah bersih. Sisihkan.
2. Masak gula, garam, daun pandan  dan air sampai mendidih dan berbuih.  Matikan api dan langsung  tuangkan cairan gula ke dalam tepung sambil disaring.
3. Aduk cepat sampai tercampur rata. Awal dituangi cairan adonan masih encer,  aduk terus  sampai adonan menjadi berat dan  kental. Jika adonan masih terlalu keras bisa diitambah air panas  1-2 sdm. Diamkan semalaman atau sekurangnya 6 jam sampai adonan set dan enak dibentuk. Setiap 2 atau 3 jam  sekali cek adonan sambil diaduk karena semakin lama adonan akan semakin padat, kalo adonan dirasa menjadi  terlalu keras  tambahkan air panas sesendok2  sampai dirasa pas (saya: saya pribadi tidak mengecek adonan per 2 atau 3 jam. Dan tidak menambahkan air panas lagi).
Adonan yang bagus teksturnya  padat tapi elastis, enak dibentuk. Gak keras juga gak lembek. Saat digoreng akan menggembung dan mengapung. 
Setelah adonan diistirahatkan  uleni adonan sebentar dan adonan siap untuk dicetak dan digoreng. Panaskan minyak dg api sedang. 
Masukan kue, goreng dg api sedang  sampai warnanya coklat tua. 

Note: 
Jangan sekali kali  menambahkan  tepung pada adonan yg sudah jadi krn bisa membuat  kue jadi bantet, keras atau hancur saat digoreng. Jd hati2 saat mencampur tepung dg larutan gula, jangan sampai kelembekan.
Minyak harus benar2 panas saat kue dimasukan supaya kue berkulit cantik dan mulus, tidak retak dan tidak keras hasilnya



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel