AYAM GORENG WIJEN


AYAM GORENG WIJEN

Bahan :
500 gram ayam potong
1 buah jeruk nipis
6 siung bawang putih haluskan
1 sdm minyak wijen
1/2 sdm garam (kurleb bisa disesuaikan selera)
300 ml air
1 butir telur
7 sdm tepung bumbu
1 sdm tepung tapioka
2 sdm wijen

Cara Pembuatan :
Cuci bersih ayam potongnya, lalu beri peresan/air jeruk nipis dan diamkan kurlen 10 menitan.
Setelah 10 menit selesai, buang air jeruknya lalu baluri ayam dengan bawang putih siram air bumbui dengan minyak wijen dan garam. Aduk hingga ayam terkena bumbu secara merata. Simpan di lemari es, simpan semalam.
Setelah disimpan semalaman, buang air rendaman ayamnya, masukan telur aduk rata ayam dengan telur.
Diwadah lain, campur tepung bumbu + tapioka dan wijen aduk agar tercampur. Masukan satu persatu ayam yang sudah dibaluri telur tadi, remas2 dibaluran tepung hingga segala sisi ayamnya kena tepung semua lalu tiriskan di wadah kering. Lalukan sampai ayam habis.
Simpan sebentar ayam yg sudah dibaluri tepung difreezer sambil kita siapkan minyak goreng untuk menggoreng. Saya menggorengkan pakai panci untuk memasak mie instan karna untuk menggoreng ini menggunakan metode deep fried agar matang semua dan rasanya tetap juicy jadi memerlukan minyak goreng lebih banyak/bisa dikira2 sendiri sebarapa tinggi panci/wajan masing2.
Setelah minyak goreng sudah panas, masukan satu persatu ayamnya. Goreng sampai kuning kecoklatan. Saat menggoreng, gunakana api kecil saja yaa.. agar ayam matang dan kulitnya tidak gosong. Terakhir tiriskan laku sajikan.
Bisa disajikan dengan saos asam manis, sambal mentah kalau saya pakai saos asam manis
Selamat mencoba



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel