Serabi Saus Kinca


Serabi Saus Kinca

Bahan:
100 gr tepung beras
100 gr tepung terigu protein sedang
1/2 sdt baking powder double acting, pastikan fresh
1/2 sdt ragi instan, pastikan fresh dan masih aktif
1/2 sdt garam
2 sdm gula pasir
2 butir telur, kocok lepas
300 ml air
200 ml santan dengan kekentalan sedang
1 sdm margarin, dicairkan

Cara membuat:
Siapkan panci kecil, masukkan santan dan air. Rebus dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga mulai mendidih, segera hentikan perebusan. Biarkan hingga agak hangat.
Siapkan mangkuk, masukkan tepung beras, tepung terigu, baking powder dan ragi instan. Aduk rata dengan spatula. Masukkan garam dan gula, aduk rata.
Campurkan air rebusan santan kedalamnya. Aduk cepat dengan spatula hingga tercampur baik dan tepung tidak bergerindil. Terus aduk jika tepung tampak membentuk gumpalan hingga adonan tampak smooth bebas gumpalan.
Masukkan kocokan telur dan mentega cair. Aduk hingga rata.
Bagi menjadi 2 adonan, satu biarkan original dan satu bagian beri 1 sdt pasta pandan kualitas bagus. Aduk hingga tercampur rata.
Tutup permukaan mangkuk dengan kain bersih. Diamkan adonan di suhu ruang selama 1 1/2 hingga 2 jam atau hingga permukaan adonan tampak muncul busa/gelembung kecil yang sangat banyak.
Panaskan wajan hingga benar-benar panas menggunakan api sedang. Aduk adonan serabi yang sudah berbusa dan siap dipanggang. Ambil sekitar 1 sendok sayur, tuangkan ke wajan. Tutup wajan dan masak dengan api sedang hingga bagian tepi serabi tampak berlubang-lubang dan mengeras namun bagian tengah kue masih tampak basah.

Bahan kuah kinca:
500 ml santan dengan kekentalan sedang
200 gr gula merah
50 gr gula pasir
4 lembar daun pandan, simpulkan
1/2 sdt garam
1 sdt maizena larutkan dengan 2 sendok makan air

Cara membuat kuah kinca:
Masukkan semua bahan kinca ke dalam panci kecil, rebus dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga kuah mendidih dan kental. Angkat.
Sajikan serabi dengan kua



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel