MOCHI JADUL


MOCHI JADUL

Tanpa santan.

Cemilan persiapan PSBB.
Ini mochi jadul sdh beberapa kali saya bikin, ini saya kasi resepnya, hasilnya lembut. Saya suka banget mochi Jadul apalagi waktu dimakan masih hangat2. Waktu dulu tinggal di Jakarta itu setiap enci tukang mochi jualan, pasti aku beli.
Kalau Mochi Sukabumi kan kulitnya manis dan wangi, ini tidak manis&tidak wangi kulitnya .kalau kepengen manis, bisa ditambahkan lagi aja gulanya.

Bahan Kulit:
250 gram tepung ketan
50 gram terigu
350 ml air
30 gram gula pasir
1/2 sdt garam

BAHAN ISIAN:
250 gram Kacang tanah kupas kulit, sangrai sampai matang.
150 gram gula pasir
3-4 sdm air panas
Kacang ditumbuk/diblender tapi jangan sampai terlalu halus, lalu campurkan gula, air panas, aduk merata sampai kumbu kacang bisa dibentuk bola.

Bahan Taburan: 
maizena secukupnya disangrai sampai ringan, sekitar 5-7 menit. Maizena boleh diganti sagu tani/tapioka.

CARA BUAT MOCHI:
Panaskan kukusan. Campur semua bahan, aduk rata sampai tidak ada yg bergerindil. Lalu tuang ke loyang yg sdh dialasi plastik tahan panas. Kukus 30 menit pakai api kecil.
Setelah matang, tuang ke bidang datar (meja kerja/talenan) yg sdh dilumuri Maizena yg sdh disangrai (sebagian Maizena sangrai ditaruh di mangkok, jangan dilumuri di alas datar semua).
Lalu panas2 gilas adonan, kemudian potong2, kasi isian, lalu bentuk bola, masukan bola (mochi) ke mangkok berisi maizena sangrai, guling2kan mochi ke maizena sangrai agar mochi diselimuti maizena sangrai.
Mochi siap disajikan.

Note: 
HARAP HATI HATI untuk menggilas dan membentuk Mochi karena ADONAN SANGAT PANAS, sebaiknya memakai sarung tangan.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel