KUE PERAPE


KUE PERAPE

Kue Paria atau kue Perape khas kota Banjarmasin. Bentuk kuenya mirip sayur pare, makanya diberi nama kue pare atau perape. Pada adonan saya tambahin kentang kukus, supaya adonannya tebal dan lembut ketika digigit. Untuk warna hijau, saya pakai endapan jus pandan dan sedikit tetesan pewarna hijau. Aroma pandannya kuat, ketika dimakan pun rasa pandannya pas nggak "eneg". Untuk unti kelapa 100% saya pakai gula jawa, jadi rasa dan aromanya khas. This is a recipe 

Bahan:
250 gr tepung ketan
150 gr kentang kukus (haluskan)
50 ml sari pandan (kental)
150 ml air hangat
1/2 sdt garam
2 tetes pewarna hijau
30 ml minyak sayur

Olesan :
Minyak sayur secukupnya

Cara membuat:
Dalam wadah aduk tepung ketan, kentang kukus, dan garam. Tambahkan sari pandan dan air hangat perlahan. Uleni sampai rata dan adonan bisa dibentuk.
Ambil adonan beri isian unti kelapa. Bentuk lonjong dan beri guratan-guratan dengan tusuk gigi seperti kulit pare. Alasi perape dengan daun pisang, dan oles bagian atas kue dengan minyak sayur. Lakukan sampau adonan habis.
Panaskan kukusan, tutup panci dialasi dengan kain bersih. Kukus perape sekitar 15 menit atau sampai matang. Sesekali tutup panci dibuka, supaya bentuk kue tidak meleber. 
Setelah matang, angkat kue dan oles kembali dengan minyak sayur. Penggunaan minyak sayur, selain agar mengkilap, ketika disuhu ruang permukaan kue tidak mengeras.

Bahan Unti Kelapa:
200 gr kelapa setengah tua (parut)
150 gr gula merah (sisir halus)
100 ml air putih
3 lbr daun pandan (ikat)
1/4 sdt garam

Cara membuat:
Dalam panci masak air, gula merah, daun pandan, dan garam. Masak hingga mendidih dan gula larut. 
Masukkan kelapa parut, aduk terus sampai air gula benar-benar menyerap ke dalam kelapa. 
Happy Baking



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel