OPOR AYAM KAMPUNG


OPOR AYAM KAMPUNG

Udah lama nggak ngopor ayam, sekalinya ngopor dapat ayamnya yang guedeee banget, ayam jago beratnya hampir 3kg. Paha bawahnya doang aja dipotong jadi dua saking gedenya.
Lebih suka yang gede gini sih kalo buat opor. Lebih puas, manteb, dagingnya merah, berserat. Masaknya juga nggak pakai presto, direbus biasa aja, bumbunya meresap. Ini resepnya aku tulis ukuran normal ya, di ayam ini aku kalikan dua.

Bahan :
1 ekor ayam kampung, bersihkan, potong-potong, cuci bersih
3 lembar salam
2 batang sereh, simpulkan
2 cm lengkuas
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 sdt kaldu ayam bubuk
1250 ml air
200 ml santan kental instant
3 sdm minyak goreng

Bumbu Halus:
9 butir bawang merah
7 siung bawang putih
7 butir kemiri
2 cm jahe
3 cm kunyit, bakar
1 cm kencur
2 lembar daun jeruk
1/2 sdt merica butiran

Cara Memasak :
Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan ayam, aduk rata, masak sampai berubah warna
Masukkan air, tambahkan daun salam, sereh, lengkuas, masak sampai ayam empuk. Bumbui dengan garam, gula, dan kaldu ayam bubuk. Tambahkan air jika perlu.
Masukkan santan kental, masak sampai mendidih dan kental. Sajikan opor ayam dengan ketupat ataupun nasi.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel