Tape Ketan Pinky dan Hijau


Tape Ketan Pinky dan Hijau

Assalamualaikum semuanya 
Saya masih penasaran sama tape ketan, karena di tempat saya jarang yang jual, padahal saya penggemar berat tape ketan mau coba bikin sendiri aja, telpon Ibuk nanya2 resep dan cara bikinnya, percobaan pertama gagal karena pas bikin lagi M, (katanya sih kl bikin tape harus kondisi bersih semua-muanya)
Yang kedua dan ketiga sukses, hasilnya manis dan legit, yang kedua aku pake ketan hitam, yg ketiga ini pake ketan putih yang diwarnai pinky dan hijau yuk penggemar tape ketan, coba bikin juga 

Bahan
250 gr ketan putih
2 keping ragi tape, haluskan
1 sdm gula pasir
1 gelas air
Daun pisang secukupnya
Pewarna hijau dan pink secukupnya

Cara
Cuci bersih ketan, rendam dengan air yang sudah diberi pewarna selama minimal 3 jam. Setelah itu, tiriskan. Kukus selama 40 menit. Selama mengukus siram-siram dengan air setiap 10 menit sekali ( 1 gelas air dibagi untuk 3x siram ). Jangan lupa diaduk-aduk setelah disiram air.
Setelah matang, angkat ketan, ratakan di atas tampah/ nampan yang sudah dialasi daun pisang. Biarkan sampai benar-benar dingin. JANGAN sampai tersentuh tangan agar hasil tapenya tidak terkontaminasi (kecut nanti jadinya).
Setelah dingin, taburi dengan ragi tape dan gula pasir, aduk rata dengan centong kayu/spatula kayu. Bungkus dengan daun pisang, letakkan di toples/wadah yang tertutup rapat. Biarkan di tempat yang sejuk dan terhindar dari matahari. Biasanya 2-3 hari tape sudah jadi.

Note
Kl pke ketan hitam, rendam semalaman, krn teksturnya lebih keras drpd ketan putih.
Semua alat yang dipakai harus bersih (termasuk orang yang buat), jangan sampai ketan tersentuh tangan langsung, agar tidak terkontaminasi.
Kl tdk ada daun pisang, bisa langsung masukkan toples / cup plastik yang bersih lalu tutup rapat.
Penambahan gula agar tape lebih manis, tapi jangan terlalu banyak, karena hasilnya jd manis banget



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel