DONAT KAMPUNG


DONAT KAMPUNG

Bahan :
200 ml air suam-suam kuku
11 gr ragi 
1 sdm gula pasir
4 kuning telur
65 gr gula pasir
sejumput garam
500 gr terigu
100 gr unsalted butter
vanili

Cara membuat :
Siapkan mangkok, beri ragi, 1 sdm gula dan air diamkan kurang lebih 5 menit, tunggu reaksinya, kalau tidak ada reaksi, silahkan di buang dan ulangi prosesnya.
Kemudian kita masukan gula pasir, kuning telur, garam dan vanili, aduk rata.
Masukan terigunya, uleni sebentar saja hingga menyatu.
Masukan butter, uleni, di sini terserah kalian, mau uleni hingga kalis sekali, atau tidak, yang penting kamu bisa membuat bulatan besar dan menghasilkan permukaan bulatan adonan tersebut keliatan halus dan mulus.
Istirahatkan adonan sekitar 10 menit
Ambil adonan 45-50 gr, bulat-bulatkan adonan hingga menghasilkan permukaan bulatan yang halus dan mulus dengan cara me roundingnya, dengan menggunakan sisi bawah telapak tangan atau mencubit-cubit adonan hingga adonan bulat dan mulus.
Istirahatkan kembali 5-10 menit.
Siapkan loyang dan alasi dengan serbet dapur yang halus dan bersih beri terigu tipis diatasnya
Bolongkan adonan yang sudah bulat-bulat tersebut dengan menggunakan jari telunjuk tangan dan dengan di bantu tangan kiri kita bisa lebarkan bolongan donat. (Karena buat donat bomboloni maka tidak saya bolongi tengahnya, setelah rounding pertama aku gilas dengan rolling pin hingga pipih, lakukan hingga semua donat habis)
Taro di atas serbet yang telah kita siapkan dan istirahatkan 10 menit
Siap di goreng dengan api sedang dengan cara cukup di balik 1 kali saja.

Note : 
Isian pakai selai coklat (beli yg repack di tbk jadi gak ada merk) setelah donat dingin taburi gula halus lalu tusuk bagian samping donat dengan sumpit atau pipet, kemudian semprotkan isian selai sesuai selera. Selamat mencoba yah



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel