JENGKOL CRISPY BALADO


JENGKOL CRISPY BALADO

Dua hari lalu sy bikin stok jengkol crispy balado 1/2 kg, rencana buat di simpen kalau males masak bisa makan ini aja pake telor dadar, atau buat taburan nasi uduk juga enak  tapi boro-boro yah adek kk sy mampir ke rumah pada bungkusin besok-besok bikin lagi sekalian 2kg, tapii ngiris nya itu lho kayak gak ada kerjaan
Ini enak banget banget bagi yang suka jengkol yah, jengkol nya crispy garing trus gurih pedes dari baladonya.

Bahan
1/2 kg jengkol tua
Garam, gula pasir, kaldu jamur

Bumbu balado ulek halus
70 gr cabe merah kriting
50 gr cabe rawit merah
jumlah cabe bisa di tambah / kurang sesuai selera
3 siung bawang putih kating

Caranya
Rendam jengkol semalaman, buang air rendaman, bersihkan dari kulit nya
Iris tipis jengkol seperti foto slide 2, sy iris manual pake pisau, lalu cuci bersih sampai hilang getahnya, bisa di cuci 3 - 4x, tiriskan lalu lumuri jengkol dengan garam secukupnya
Goreng jengkol dalam minyak panas, aduk sesekali biar gak saling nempel, lalu kecil kan api, goreng sampai garing
sy gorengnya 2x biar bener-bener kriuk, kalau bikin sedikit untuk langsung di makan cukup 1x goreng saja
Tumis bumbu balado sampai harum dan benar-benar matang, bumbui garam, kaldu jamur dan sedikit gula (optional)
TUNGGU TUMISAN BALADO DINGIN, lalu campurkan dengan jengkol crispy
Simpan dalam toples kedap udara



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel