SEMUR TELUR CEPLOK By : @azuryne.kitchen



SEMUR TELUR CEPLOK
By : @azuryne.kitchen

Resep semur telur tanpa santan udah sering dishare yah, ada di bawah2 postingannya. Kali ini pengen bikin yang pake santan. Lebih gurih dan nikmat tentunya.

Bahan :
4 butir telur, ceplok
3 buah tahu, belah 2 lalu potong segitiga, goreng
5 buah cabe hijau keriting, iris serong
1 buah tomat, iris
5 sdm kecap manis (atau sesuai selera)
1 sdm saos tiram
3 cm kayu manis
3 buah cengkeh
1/4 sdt pala bubuk
400 - 500 ml air
30 ml santan kental
Garam, gula, merica secukupnya
Minyak secukupnya

Bumbu Halus :
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah kemiri
10 buah cabe merah keriting (sesuai selera yah)

Cara Memasak :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus dan cabe ijo hingga matang dan wangi.
2. Masukkan air, banyaknya sesuai selera, kalo saya gak suka terlalu banyak airnya. Masukkan santan. Aduk merata.
3. Tambahkan kecap, saos tiram, cengkeh, pala, dan kayu manis, aduk merata. Cicipi dan koreksi rasa.
4. Masukkan telur dan tahu, aduk, masak hingga kuah menyusut dan mengental.
5. Terakhir, tambahkan tomat iris.
6. Siap disajikan.

Catatan : tambahkan bawang bombay kalo ada, biar lebih nikmat. Krn lagi gak ada, jadi aku skip.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel